Beredar video yang memperlihatkan puluhan massa memukuli dan melempari seorang pria hingga terkapar. Narasi dalam video tersebut adalah seperti ini : India 🇮🇳 : innalilahi wa innailaihi Roji'un, Tak tahan melihat nya😥😥 ketika ummat islam di India di Siksa Seperti ini sama ummat Hindu. Setelah dicek ternyata narasi tersebut tidak sesuai dengan fakta.


Video ini adalah video aksi main hakim sendiri warga desa Dhar, Madhya Pradesh, India terhadap seorang pria petani yang dituduh melakukan penculikan (6/2/2020).  Adapun 5 tersangka lainnya digantung oleh warga namun bisa diselamatkan oleh polisi yang kemudian datang. Sedangkan 1 orang lagi berhasil kabur.

Fakta berita ini pun dapat ditelusuri di situs
https://www.tv100.com/cocuk-kacirdiklarindan-suphelenilen-6-kisiden-1i-olduruldu-5i-yaralandi-galeri-483781

Dugaan penculikan pun akhirnya terbantahkan karena setelah diselidiki 7 korban adalah petani asal Ujjain memiliki perselisihan masalah keuangan dengan kontraktor buruh. Korban diminta datang untuk mengembalikan uang Rs 1,5 lakh dari Rs 2,5 lakh kepada kontraktor.  Ketika petani sampai di desa, terjadi pertikaian dan mereka dilempari batu. Desas-desus tentang sekelompok penculik anak di daerah itu mulai menyebar ketika para petani kembali akan menuju Borlai. Kendaraan mereka dihentikan oleh sekitar 200 orang.

Adapun fakta gambar dan video yang mendokumentasikan kebrutalan teroris hindu terhadap muslim india bisa dilihat di sini



Juga di foto2 yang sudah dirilis media kompas, tempo dan media2 lainnya